sistematika dan rancangan penulisan ilmiah

Langkah-langkah Menyusun Penulisan Ilmiah (PI)

Penulisan Ilmiah adalah Merupakan karya tulis yang disusun oleh seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan kurang lebih 100 sks dengan dibimbing oleh Dosen Pembimbing sebagai salah satu persyaratan untuk mencapai gelar Setara Sarjana Muda.

 

Tujuan

Tujuan dalam Penulisan Ilmiah adalah melatih mahasiswa agar dapat berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas suatu permasalahan serta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur.

Hal-hal yang dimuat dalam Penulisan Ilmiah adalah sebagai berikut.

1.         Judul/Tema

2.         Halaman judul, Lembar pengesahan, Abstraksi, Kata pengantar

a.         Daftar isi

b.         Daftar tabel

c.         Daftar gambar

d.         Daftar Lampiran

3.         Bab I : Pendahuluan

1.1.      Latar belakang                                    1.4. Manfaat penelitian

1.2.      Rumusan dan batasan masalah           1.5. Metode penelitian

1.3.      Tujuan penelitian                                 1.6. Agenda penelitian

2.         Bab II : Landasan Teori

2.1.      Kerangka teori

2.2.      Kajian penelitian sejenis

2.3.      Alat analisis

3.         Bab III : Metode Penelitian ( lihat sub-bab 1.5. Metode Penelitian dari Bab I )

3.1.      Objek penelitian

3.2.      Data/variabel yang digunakan

3.3.      Metode pengumpulan data

3.4.      Hipotesis

3.5.      Alat analisis yang digunakan

4.         Bab IV : Pembahasan

4.1.      Data dan profil objek penelitian

4.2.      Hasil penelitian dan analisis/pembahasan

4.3.      Rangkuman hasil penelitian

5.         Bab V : Penutup

5.1.      Kesimpulan

5.2.      Saran

5.3.      Keterbatasan penelitin (Optional)

6.         Daftar pustaka, Daftar simbol, Lampiran.

 

Peramalan penjualan mobil pada AUTO 2000 Sunter

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

Dunia usaha saat ini semakin maju dan berkembang karena semakin bertambahnya jumlah perusahaan dari berbagai jenis,ukuran dan teknologi yang mempengaruhinya.khususnya dibidang otomotif yang sekarang sudah mulai berkembang dan banyak mengalami kemajuan-kemajuan,baik dibidang teknologi maupun penjualan hal tersebut didukung kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.kegiatan penjualan yang dilakukan harus optimal karena dengan itu kesinambungan perusahaan akan terjamin apabila fungsi penjualan tercapai.sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat dipergunakan sebagai alat pengukur maju mundurnya perusahaan.

Penjualan merupakan unsur yang paling dalam operasi perusahaan.dimana masalah utama yang dihadapainya pada saat menjual suatu barang adalah barang apa yang akan dijual dan biaya yang perlu dikeluarkan agar barang tersebut dapat terjual dan bisa mendapatkan keuntungan bagi perusahaan tersebut.tetapi tetap terjangkau oleh pembeli.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat sekarang ini perusahaan dituntut untuk melakukan sesuatu rencana bisnis guna mencapai efektifitas dan target yang diinginkan perusahaan.salah satunya dengan melakukan peramalan penjualan sebagai panduan untuk mempersingkap program dan tindakan perusahaan.dengan maksud peramalan penjualan agar perusahaan dapat mengantisipasikan dimasa yang akan datang sehingga resiko kegagalan dan kerugian dapat diminimumkan dan target penjualan yang telah direncanakan bisa tercapai target perusahaan.

1.2.Rumusan Masalah & Batasan Masalah

1.2.1.      Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut.maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam PI ini adalah :

  1. Bagaimana peramalan penjualan mobil Avanza untuk bulan Juli 2012?
  2. Metode manakah yang lebih baik digunakan oleh AUTO 2000 dalam meramalkan penjualan mobil Avanza?

 

1.2.2.      Batasan Masalah

Penulisan membatasi masalah dalam penelitian ini hanya mengenai peramalan penjualan mobil pada AUTO 2000 Sunter Jl. Gaya Motor III No. 3, Sunter II Jakarta Utara, DKI Jakarta dengan metode rata-rata bergerak (Moving Average),rata-rata bergerak tertimbang (Weight Moving Average) dan Pengukuran Kesalahan Peramalan (Mean Absolut Deviation).

1.3.Tujuan Penelitian

  1. Bagaimana peramalan penjualan mobil Avanza untuk bulan Juli 2012?
  2. Metode manakah yang lebih baik digunakan oleh AUTO 2000 dalam meramalkan penjualan mobil Avanza?

1.4.      Manfaat Penelitian

1.4.1    Manfaat akademis

Dapat menjadi acuan bagi penelitian lain yang akan melakukan penelitian sejenis dimasa yang akan datang.

1.4.2        Penulis

Mengerti bagaimana cara menghitung suatu perubahan hingga bisa membandingkan setiap metode peramalan perusahaan.

1.4.3    Perusahaan

Dapat mengambil langkah-langkah untuk melihat peluang dimasa depan,dapat dilihat dari peramalan terhadap penjualan serta perusahaan dapat menetapkan target penjualan melalui peramalan penjualan.

1.5.      Metode Penelitian

1.5.1    Data Primer

Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dapat berupa opini subjek (orang) secara individual atau kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian atau kegiatan, dan hasil pengujian. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer yaitu : (1) metode survei dan (2) metode observasi.

1.5.2        Data Sekunder

Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.

1.5.3        Wawancara (interview)

Melalui metode wawancara,penulis melakukan wawancara yang berhubungan dengan penulisan ini dengan pihak terkait pada AUTO 2000 Bekasi – Timur  dengan cara mengadakan tanya jawab secaralangsung mengenai permasalahan yang dibahas guna memperoleh data informasi yang dibutuhkan dengan topik penulisan ini.

1.5.4        Pengamatan

Penulis melakukan observasi langsung untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penjualan mobil pada AUTO 2000 Bekasi – Timur  dengan demikian penulis melakukan pengamatan pada objek penelitian agar penulis dapat mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh pengusaha dalam mencapai tujuan maupun sarana suatu perusahaan.

 

1.6.      Objek Penelitian

AUTO 2000 Sunter Jl. Gaya Motor III No. 3, Sunter II  Jakarta Utara, DKI Jakarta.

1.7.      Data/Variabel

Data yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah data penjualan pada bulan Juli 2012.data tersebut akan dianalisis menggunakan metode : Moving Average,Weight Moving Average dan Mean Absolut Deviation.

1.8.      Hipotesis

Hipotesis ini merupakan jawaban sementara terhadap masalah penelitan yang kebenaranya..masih..harus..di..uji..secara..empiris.

1.9.      Alat Analisis

Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan alat analisis berupa metode-metode:

  1. Moving Average ( Rata-rata Bergerak )
  2. Weight Moving Average ( Rata-rata Bergerak Tertimbang )
  3. Mean Absolut Deviation ( Kesalahan Peramalan)

 

 

 

 

 

Tentang genryusai

berusaha dah terus berusaha...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s